Kamis, 13 Maret 2008

PULAU..Pulau


di atas air....
Aku baru saja pulang dari perjalanan jauh di sebuah pulau. Tiga jam dengan perahu kecil dari pelabuhan nelayan untuk sampai kesana. cukup cerah hari itu hingga aku bisa menikmati perjalanan di atas laut tenang dan tiupan angin yang menyentuhku lembut. Perasaan yang sungguh sangat jauh berbeda dengan yang kubayangkan sebelumnya. tiupan angin kencang, guyuran hujan dan hempasan ombak mungkin lelah dan sedang beristirahat saat perjalananku. Walaupun sebenarnya aku telah siap dengan kemungkinan itu. karena Aku akan tetap pergi.
Ketenangan menghapus setiap kelelahan dan kebosanan dalam keseharianku. Lebih dari itu, aku bisa merasakan otonomi temporal tanpa sehelai kain yang selalu menutup kepalaku. kubiarkan tiap helai rambutku merasakan kebebasan dan kerinduannya akan sentuhan udara, terbebas dari hijab yang selalu membatasi dan mengurungnya yang mungkin lebih tepat adalah diriku. Lepas, selepas pandanganku. lega, selega perasaanku. Di atas lapangnya laut, dan kehidupan makluk ajaib di dalamnya. Aku tertidur, sungguh tertidur, terjaga dan tak merasakan apapun lagi.
Aku terbangun saat perahu tiba di sebuah pulau, beberapa penumpang yang bersamaku turun beserta barang miliknya. Mereka adalah penduduk pulau setempat yang baru saja membeli bahan kebutuhan hidup dari kota yang tidak bisa mereka dapatkan di sana. Selalu terlintas di kepalaku, bagaimana mereka bisa hidup di tempat seperti ini dengan segala keterbatasan, di antara lautan yang sungguh menyeramkan bagi sebagian orang. Atau mungkin sebaliknya mereka justru lebih beruntung hidup di dunia yang berbeda. Di dunia dimana sebagian besar orang lain hidup, yang penuh ketergantungan dan kepenatan. Ya mungkin mereka memang lebih beruntung.
Tak cukup tigapuluh menit kapal melanjutkan lagi perjalalanannya. Menuju pulau yang menjadi tujuanku. Terasa kembali ketenangan seperti semula. Kusaksikan antraksi menakjubkan dari mahluk-makhluk ajaib, ikan terbang di atas permukaan air , gerombolan ikan seperti menari di dasar laut, antraksi seru burung laut menangkap ikan, suara-suara riuh air dan Senyum adalah satu-satunya ekspresi yang bisa kulakukan.
Tak lama lagi akan sampai. Pulau itu telah tampak dari jauh seperti sebuah benda kecil yang mengapung di atas air. mataku hanya memandang lurus kedepan, tak bisa lepas dari benda kecil itu. Tak sempat kuhitung berapa lama waktunya, jarak kini telah menggantikan pandanganku dari sebuah benda kecil menjadi sebuah tampakan yang sangat indah dan jelas. Pohon-pohon pinus dan jenis tanaman lain yang masih asing menyatu dan membentuk sebuah kanopi besar hingga cahaya matahari seolah lelah mencari celah untuk melanjutkan sinarnya. Hamparan pasir dan pecahan cangkang kerang ikut melindunginya dari terjahan ombak dan air laut. Pulau Cangke.
Aku turun dari kapal. Kudapatkan kenikmatan lagi saat pertama kali kakiku menyentuh air, telapakku tertimbun di antara pasir putih yang dingin dengan sedikit pijatan halus dari pecahan-pecahan kecil karang. Dan aku tidak sabar lagi untuk merasakan hal yang sama di seluruh tubuhku.

18 Januari 2008

~ 0 komentar: ~

+

Blogger templates

About Me

Foto saya
"Don't exist. Live. Get out, explore. Thrive. Challenge authority. Challenge yourself. Evolve. Change forever. It's time to be aggressive. You've started to speak your mind, now keep going with it, but not with the intention of sparking controversy or picking a germane fight. Get your gloves on, it's time for rebirth. There IS no room for the nice guys in the history books. THIS IS THE START OF A REVOLUTION. THE REVOLUTION IS YOUR LIFE. THE GOAL IS IMMORTALITY. LET'S LIVE, BABY. LET'S FEEL ALIVE AT ALL TIMES. TAKE NO PRISONERS. HOLD NO SOUL UNACCOUNTABLE, ESPECIALLY NOT YOUR OWN. IF SOMETHING DOESN'T HAPPEN, IT'S YOUR FAULT. Make this moment your reckoning. Your head has been held under water for too long and now it is time to rise up and take your first true breath. Do everything with exact calculation, nothing without meaning. Do not make careful your words, but make no excuses for what you say. Fuck em' all. Set a goal for everyday and never be tired." — Brian Krans (A Constant Suicide)

Blogroll

About


ShoutMix chat widget